Meriahkan HUT ke-59, Pertamina Gelar Aksi Sosial


Pertamina rayakan HUT ke-59 dengan kegiatan bermanfaat

Tidak terasa sudah 59 tahun PT Pertamina berkarya dan berkontribusi untuk negeri ini. Tepat pada tanggal 10 Desember 2016 Pertamina menyelenggarakan program aksi sosial  sebagai rangkaian memperingati HUT ke-59. 


Pohon yang akan ditanam di bibir pantai


Program ini serentak diadakan di 5 lokasi pada hari yang sama, yaitu Indramayu, Cilacap, Balikpapan, Banyuwangi dan Bintan. Dengan tema Pemberdayaan Pesisir dan Pembersihan Pantai ini, Pertamina ingin membuktikan komitmennya dalam konservasi dan rehabilitasi lingkungan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat disekitar pesisir melalui program CSR (Corporate Social Responsibility) dan PKBL (Program Kemitraan dan Bina Lingkungan) mengingat wilayah operasi Pertamina sebagian diantaranya bersentuhan dengan pantai.



Tarian Sekapur Sirih sebagai salah satu pembuka acara


Program yang popular dengan hastag #PertaminaBersihkanPantai ini didukung oleh Harian Kompas dan di hadiri oleh Direktur Keuangan PT Pertamina (Persero), Bapak Arief Budiman, Wakil Pimpinan Redaksi Harian Kompas, Ibu Ninu Mardiana, Sekda Kabupaten Bintan, Bapak Raja Muhammad Akib Rachim serta di sela-sela acara Gubernur Kepri, Bapak Nurdin Basirun juga turut hadir memeriahkan acara ini.


Gubernur Kepri, Bapak Nurdin Basirun ikut bernyanyi dan berjoget bersama warga sekitar


HUT Pertamina ke-59 di Bintan - Kepulauan Riau berbagi ragam santunan

Di Kepulauan Riau, Pantai Kampung Bugis, Tanjung Uban terpilih menjadi salah satu lokasi kegiatan positif tersebut. Selain membersihkan pantai dan penanaman pohon, Pertamina juga memberikan bantuan CSR pengolahan sampah dan kompos yang nantinya diharapkan dapat mendukung kesejahteraan masyarakat pesisir pantai. Bantuan berupa alat sekolah, taman baca, santunan kepada 59 anak yatim serta pelayanan kesehatan gratis. Selain itu, ada pameran berbagai macam kerajinan hasil karya masyarakat sekitar, yang uniknya dalam pameran ini ada beberapa kerajinan tangan terbuat dari limbah Kerang dan Gonggong yang ‘disulap’ menjadi berbagai aksesoris fashion dan pajangan.


Salah satu hasil kerajinan tangan warga setempat dari limbah kerang


Pajangan dari Gonggong hasil karya kreatif dari warga sekitar

Sejak pagi hari masyarakat dan peserta sudah memadati lokasi, acara pembuka di warnai dengan keseruan senam Maumere serta kuis dan games interaktif. Dengan dipandu 2 MC, aksi nyata bersih-bersih pantai tersebut resmi dibuka dengan dipukulnya gong dan penyerahan alat kebersihan secara simbolis diatas panggung. 


Aksi nyata bersih-bersih pantai




Penanaman pohon dilakukan setelah bersih-bersih pantai

Berkat antusiasme dari masyarakat dan peserta, area pantai menjadi bersih dari sampah-sampah kurang dari 30 menit saja. Kegiatan dilanjutkan dengan penanaman pohon di sepanjang bibir pantai.  


Suasana pada saat kegiatan bersih-bersih pantai berlangsung


Semoga kegiatan ini dapat melatih tangan-tangan kreatif untuk memanfaatkan limbah menjadi produk dengan nilai ekonomis serta menginspirasi masyarakat untuk menjaga lingkungan yang akan berdampak positif bagi alam.



Next
Previous
Click here for Comments

3 comments:

avatar

Wah Pertamina emang luar biasa ya banyak kegiatan sosialnya

avatar

mantap kegiatan sosial nya