Trekking di Bukit Kandap Pulau Galang Baru, Batam

 

Sumber : @asadsaputra

Saya dan beberapa orang sahabat berencana ingin melakukan trekking di daerah Bukit Kandap di Galang Baru Barelang. Bukit Kandap ini konon kabarnya merupakan salah satu puncak bukit tertinggi di Batam, yap masih sekelas bukit kalo di Batam ini alias tidak ada gunung hehe,  ya maklum saja Batam hanyalah sebuah pulau yang menurut catatan dan sumber wikipedia mempunyai luas lebih kurang hanya 1575 kilometer persegi, namun jangan salah penduduknya mencapai 1,2 juta jiwa loh, fantastik dong.


Oke singkat cerita tibalah hari H, kami ber 4 sudah janjian dititik pertemuan di top 100 tembesi, titik terdekat menuju simpang barelang. Dengan memakan waktu berkendara 40 menitan tibalah kami di daerah galang baru setelah melewati jembatan 6 dari seluruh rangkaian jembatan barelang.  Bukit Kandap ini sendiri terletak disisi kanan jalan,  tidak sulit untuk menemukannya karena setelah tiba didaerah sana akan sangat jelas terlihat bukit yang menjulang tinggi ini dan disisi kiri jalan akan dapat kita lihat terdapat dua buah tower yang berdiri kokoh,  yap mungkin tower telekomunikasi karena terlihat dilayar handphone saya masi terdapat sinyal full.
  
Selang beberapa menit kami berkendara mondar mandir sambil mencari tempat parkir yang dirasa aman sembari melihat lihat jalan masuk yang pas menuju puncak bukit,  yap mungkin karena masi sedikit orang yang telah melakukan pendakian keatas sehingga belum nampak jelas jalur pendakian yang umum digunakan. Setalah mencari beberapa saat akhirnya kami memutuskan untuk memarkirkan kendaraan kami didekat sebuah rumah penduduk ditepi sebelah kiri jalan dan lalu meminta ijin menitipkan kendaraan kepada penghuni rumah sembari mengatakan bahwa kami akan naik keatas bukit sana.

Sebelum melakukan pendakian kami berdoa bersama memohon kepada sang pencipta agar dimudahkan dalam perjalanan kami keatas. Beberapa menit pertama kami melalui jalan setapak yang datar dengan cuaca yang bersahabat tampak mentari sembunyi dibalik awan awan manja diatas sana eaaa. Namun tak berapa lama kemudian tibalah titik harus merangkak naik mendaki yap dengan semangat 45 kamipun berhasil mendaki hingga titik peristirahatan pertama yang oleh sahabat saya zack dinamakan sebagai pos 1 eaaa...kamipun beristirahat sejenak sambil menelan beberapa teguk air mineral yang telah kami siapkan sebelumnya. Tak lupa tentu berphoto ria sambil menikmati pemandangan pantai kandap yang tampak melengkung indah dibawah sana. 

Setelah merasa energi kembali lagi kamipun melanjutkan perjalanan menuju puncak,  nah disini akhirnya kami menghadapi sedikit rintangan dikarenakan tak tampak dengan jelas jalan menuju puncak hanya terbentang luas semak belukar dan banyak pohon pohon sudah tampak rapuh dan bekas terbakar.

Akhirnya dengan meraba raba mencari jalan menuju puncak yang dipimpin oleh sahabat saya zack kamipun akhirnya tiba dipuncak bukit ini, rasa senang dan puas pun bercampur aduk dan sesuatu yang sangat luar biasa juga perjuangan buat dua orang sahabat saya lainnya mereka mereka ini wanita wanita perkasa dan mandiri.

Setibanya dipuncak kamipun menikmati bekal roti lapis yang telah kami siapkan sebelumnya sambil meneguk air mineral sebagai pengganti keringat yang sepertinya tampak bercucuran dari tadi, yap cuaca tampak panas siang itu sang surya mulai menampakkan keperkasaannya. Kami beristirahat mencari rerimbunan pohon sambil bercengkerama satu sama lain, kamipun larut dalam kebahagiaan yang sepertinya akan terkenang selalu.






Location : Bukit Kandap - Pulang Galang Baru, Barelang Batam
Next
Previous
Click here for Comments

0 comments: